Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Saturday, September 29, 2007

Mengenal Perangkat Wireless RT-RW Net


Banyaknya pertanyaan yang diajukan ke penulis mengenai panduan peralatan yang dibutuhkan membuat RT RW Net, mendorong kami menuliskannya dalam blog ini,
pertama yang anda siapkan, adalah bahwa anda sudah memiliki koneksi internet Unlimited di tempat atau rumah yang akan dijadikan sebagai pemancar Wireless LAN(WLAN) anda.
Peralatan yang dibutuhkan antara lain :
1. Access Point








Fungsi Access Point ibaratnya sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal(ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya. Ada beberapa akses poin yang cocok direkomendasikan untuk transmitter anda, misal Senao Engenius, Ubiquty Bullet, Edimax, dan Routerboard Mikrotik.

2. Antena Omni









Untuk memperluas coverage area hingga beberapa Kilometer, anda memerlukan antena omni eksternal, meski ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belumlah cukup karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB, untuk memperluas area jangkauannya, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB.
Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client dari arah mana saja. Merk Antena Omni yang direkomendasikan, adalah Hyperlink, Finetic, tapi jika dana anda terbatas tak ada salahnya anda melirik antena omni buatan lokal.

3. Box Access Point







Untuk melindungi access point anda, maka diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi, rata-rata kotak ini sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, dan box ini memang harus diletakkan persis di bawah antena.

4. Kabel Pigtail/Kabel Jumper








Kabel Pigtail atau kabel jumperl diperlukan untuk menghubungkan antara antena omni dengan dengan access point, perhatikan panjang maksimal yang diperlukan hanya 1 meter, selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal(loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point anda.

5. POE (Power Over E
thernet)







Agar kabel listrik tidak dinaikkan ke atas untuk "menghidupkan" access point maka anda memerlukan alat "POE" ini yang fungsinya mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan alat ini maka anda tidak perlu repot-repot lagi mengulur kabel listrik ke atas tower, lebih praktis dan hemat.

6. Kab
el UTP/STP






Meski namanya perangkat wireless, namun peranan kabel juga diperlukan, kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

7. Penangkal Petir (Lightning Arrester)





Sebagai pengaman dari petir mak
a anda memerlukan alat ini yang berfungsi menyalurkan kelebihan beban listrik saat petir menyambar ke kabel pembumian(grounding), komponen ini atau yang biasa dikenal dengan Lightning Arrested Protector ini dipasang pada kabel jumper antara perangkat access point dengan antena eksternal. Grounding untuk penangkal petir umumnya ditanam dengan batang tembaga hingga kedalaman beberapa meter sampai mencapai sumber air. Ingat grounding yang kurang baik akan menyebabkan perangkat wireless tetap rentan terhadap serangan petir.

8. Tower









Guna mendapatkan jangkauan area coverage yang maksimal, anda perlu menaikkan antena omni eksternal ke tempat yang tinggi agar client WLAN anda bisa menangkap sinyal radio anda dengan baik.

## PERANGKAT CLIENT WLAN ##

Pada sisi client, untuk menangkap sinyal dari "antena omni" anda maka perangkat client sbb :
1. Untuk Client yang jaraknya dari tempat pemancar kurang dari 1 KM, lebih ekonomis jika menggunakan Wajan Bolic, dimana pada perangkat tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan USB Wifi, yang disambungkan dengan kabel UTP plus kabel extended USB, jadi langsung anda bisa menancapkannya ke komputer.



2. Apabila jarak client lebih dari 1 KM, anda membutuhkan 2 perangkat, pertama, access point dan kedua antena eksternal pengarah atau type grid untuk menangkap sinyal dari pemancar anda. Berikut rekomendasinya :
- Jarak 0-1 KM, pakailah wajan bolic lebih ekonomis
- Jarak 1-2 KM, Akses poin merk Edimax/Bullet Ubiquity/Linksys, antenanya anda bisa
pakai Yagi atau Backfire
- Jarak 2-3 KM, Akses poin merk Edimax/Bullet2/Linksys, antena Grid 24db
- Jarak 3-10 KM. Akses poin merk Senao SL2611/Mikrotik, antena Grid 24db
- Jarak 10 KM lebih, Akses poin merk Senao ECCB3220/Mikrotik, antena Grid
24db.

*Daftar harga bisa dilihat di www.netkom-wifi.com

23 komentar:

Andro Noor said...

mas, mau nanya, bagaiimana caranya menghubungkan pc saya yang terkoneksi ke internet (WLAN) ke latpop menggunakan handphone sony k618 via bluetooth untuk sharing?

Uc1l3l3k said...

terima kasih sekali,informasi yang ada di sini sangat membantu sekali buat aqyu...

kalau bisa sering di update....
n minta artikel tentang wardriving donk...

TV de LCD said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the TV de LCD, I hope you enjoy. The address is http://tv-lcd.blogspot.com. A hug.

Anonymous said...

terima kasih atas infonya...

Anonymous said...

sory sebelumnya
Mau tanya&gimana cara pasangnya,kebetulan saya punya antena bekas astro,bulat yg seperti indovision punya.
bisa ga dibuat jadi receiver utk wifi?gmana caranya?soalnya d ujung antenanya ada modul yg bwt terima signal.
please inform me ke andree_420@yahoo.co.id

thx

Wilis said...

Reflector dari Astro memang bisa dimanfaatkan untuk membantu menambah daya tangkap sinyal, namun sebaiknya perangkat elektronik radio dari Astro disingkirkan, jadi yang kepake hanya reflectornya saja

roisnahrudin said...

Mas Wilis, Terima Kasih infonya. Mohon pencerahan perihal paket biaya pemasangan RTRW NET, dengan spec alat sesuai mas Wil display dengan coverage area 1 km, plus biaya jasa pemasangan.Matur nuwun sanget.

Anonymous said...

sip, aku coba

Deden Sutrisna said...

mksh mas.... ni brmnfaat bgt bwtQ... tp mau tnya mas... fungsi dari pemasangan Access point di Client p y mas.... emhhh... sblmnya emang q blm bgt phm mas... ts access point t kn kykny cm di pusat aja mas.... ts kan mnyebarkan to mas... la ts fungsinya di client t p mas... mhon pnjlsannya... trmksh

Cak Mad said...

Access Point atau yg biasa disebut Radio, itu bisa diset sebagai AP atau Client,kalo AP fungsinya sbg distibutor gelombang radio wifi, Client itu berfungsi sbg Device Penerima Gelombang Radio yg didistribusikan oleh AP.

M. Ali Hafidz said...
This comment has been removed by the author.
F@kh ---->>> Semoga Lurus Selalu said...

kalau client ga pake AP penerima bisa gak ? langsung WiFi masing-2 laptop/notebook...kan sinyal yg dipancarin oleh antena sy kir cukup langsung ditangkap oleh wifinya laptop/notebook...mhn pencerahannya (apalagi jarak dr pusat pemancar s/d client terjauh tidak sampai 1 KM...

Cak Mad said...

Prinsip dari teknologi Wifi itu harus LoS (Line of Sight) antara AP dan Client

aldine said...

mas saya tertarik dengan artikelnya kebetulan berencana mencoba menggunakannya.. gini mas saya punya warnet yang menggunakan antena ku band untuk internetnya, ap bisa dipake untuk sharing internetnya untuk wireless rt-rw net ??? mohon bantuannya..

aldine said...

mas saya tertarik ma infonya, gini mas saya punya warnet yang menggunakan antena kuband untuk internetnya, apa bisa dipake sharing untuk wireless RT-RW Net..? mkash..

Cak Mad said...

Bisa, asal utk penggunaan sharing internet masih dibutuhkan sebuah Modem dan Router, memang cukup mahal harganya

IN MY COMPUTER said...

ini yang saya tunggu nih

Bon'z said...

Penggunaan billing apa yang cocok untuk konsep RT/RW net ?

Anonymous said...

TKS BANYAK MAS, SALUT DEH ATAS PAPARAN INFORMASINYA YG SANGAT BERMANFAAT.
MAU TANYA YA MAS, DI KOMPLEK SAYA SDH TERPASANG JARINGAN INTERNET DENGAN MENGGGUNAKAN KABEL, SAYA BERNIAT MAU MERUBAHNYA MENJADI JARINGAN WIRELESS BIAR GAK REPOT KALO ADA MASALAH DENGAN KABEL, KIRA-KIRA MAS PUNYA REFERENSI SUPPLIER UNTUK PERALATAN TSB ? MHN INFO KE EMAIL SAYA YA MAS (agoesthaman@yahoo.co.id

Cak Mad said...

Anda bisamenghubungi www.netkom-wifi.com. thanks

oLiH_ti_LeMbAnG said...

telah saya baca.. terimakasih atas informasi nya...best regard

ZAINUL ABIDIN BLOG said...

Kalau dari antena penerima wajan bolic kemudian dimasukkan ke HUB lalu dari HUB di sharekan ke komputer-komputer apa bisa????

Online Store

Cak Mad said...

Keluaran wajan bolic adalah USB bukan RJ45 jadi tidak bisa dimasukkan Hub/Swicth