Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Sunday, September 21, 2008

Wardriving, Apaan tuh ?



Mungkin anda pernah mendengar istilah tersebut?
Wardriving adalah kegiatan seseorang yang melakukan kegiatan berkeliling ke berbagai tempat dalam usahanya mencari, mengexplorasi, bahkan mungkin juga mengeksploitasi jaringan wireless yang ditemukannya. Kemudian orang yang melakukan kegiatan tersebut disebut sebagai "Wardriver", dalam upayanya itu dia melakukan pengumpulan data, membuat pemetaan area-area yang ada jaringan wirelessnya, dan menganalisa sistem securitynya.
Kata Wardriving ini ada kaitannya bahwa sang wardriver menggunakan kendaraan bermotor untuk beraktivitas berkeliling ke berbagai tempat.
Tujuannya sih bisa bermacam-macam mulai dari hanya sekedar ingin tahu, melakukan riset, hobby, menyadap informasi rahasia, bahkan para wardriver profesional berharap untuk meyakinkan para pengguna dan pabrikan perangkat wireless untuk memperbaiki sistem keamanan mereka, seperti yang dilakukan oleh RenderMan, seorang Wardriver terkemuka yang mengkritik Linksys lebih mengutamakan kemudahan daripada security, akibatnya setelah dikritik pihak Linksys mengeluarkan produk wireless routernya dilengkapi tombol "Secure Connection" dengan sekali sentuh. Lalu tak jarang ada juga para Wardriver ini yang bertujuan untuk dapetin internet gratis, wah macem-macem lah...........
Adapun alat-alat yang umumnya dipakai antara lain; Pertama, Laptop atau PDA yang pasti sudah dilengkapi wireless adapter bisa bawaan laptop itu sendiri, PCMCIA, USB Wireless Adater atau Mini PCI Wireless Adapter.
Kedua, Antena External untuk memperluas daya jangkauan wireless adapter yang bisa terdeteksi
Ketiga, GPS portable yang berguna untuk memetakan jaringan wireless yang ditemukan, sebaiknya pilihlah GPS yang bisa terkoneksi dengan notebook anda, via USB atau port serial.
Keempat, tool software untuk scanning wireless, seperti Netstumbler(Windows), Kismet (Linux), Kismac(MAC OS) ,Airsnort (Linux) dan lain-lain, rekomendasi nya pilihlah Netstumbler karena tool ini support dengan GPS yang bisa membaca format data Netstumbler lalu GPS sekaligus memetakan koordinat akses poin yang terdeteksi.
Dari hasil Wardriving kita bisa memperoleh jumlah akses poin di sekitar kita, mengetahui berapa banyak yang menerapkan system security, apa saja system security yang diterapkan, mengetahui berapa jumlah hotspot free dan open.
Namun seyogyanya kita juga harus memiliki etika kepatutan antara lain, jangan masuk ke sistem wireless orang lain tanpa ijin apalagi mengganggu ketentraman dari yang empunya.
Anda juga bisa mendalami wardriving dari situs-situs ini :
- http://www.wardrive.net/
- http://www.wardrivers.info/
- http://wigle.net/
- http://www.wardriving.com/

Kalau anda sudah tahu tujuan para wardriver, maka sebaiknya anda perbaiki sistem keamanan hotspot anda, karena dengan tool sederhana seperti Kismet, data-data rahasia anda bisa disadap dengan mudahnya. He he he tapi gak semua wardriver itu jahat kok, ada juga mereka yang dengan sukarela memperingatkan para pemilik hotspot untuk menutup kelemahannya.
Realitanya pada bulan Juni 2004, organisasi Wardriver di Amerika Serikat mengungkapkan 62% dari 230.000 hotspot yang ditemukan tanpa dilengkapi enkripsi dalam sistem securitynya. Nah ketahuan kan bolongnya.........

Tingkatkan trafik web anda melalui http://dir.web.id/

0 komentar: