Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Tuesday, November 24, 2009

Testing Super Channel Senao EOC 2610 II

Penasaran !
Itu adalah adalah alasan utama kami lakukan tes sekali lagi terhadap fitur "Super Channel" EOC 2610, kali ini kami "terpaksa" meminjam Tower satu lagi yang lebih jauh, dimana jarak antara kedua Tower sekitar 3,5Km masih di daerah Waru, Sidoarjo. Pertama kami pasang kedua Senao Engenius EOC 2610 Point to Point tanpa antena tambahan lagi, hasilnya jelek, gak bisa koneksi, langkah kedua; salah satu dari EOC 2610 kami beri tambahan antena external yakni Antena Grid Finetic Gold 24dBi, hasilnya ada perbaikan sedikit, Signal Strength -82, bisa ping tapi sering juga RTO, Langkah ketiga; satu lagi EOC 2610 kami beri antena grid, sama dengan sebelumnya adalah Grid Finetic Gold 24dBi. jadi kedua Senao ini sama-sama menggunakan Antena External Grid, hasilnya bagus juga, dimana masih menggunakan aktif super channel 2,3GHz, Signal Strength yang didapat -62 s/d -66, Noise Level -101 s/d -102, Ping bagus sekali, tanpa RTO, bahkam kami beri beban maximal 65500 byte, juga tanpa RTO, ping time antara 2-3 ms, padahal kondisi diatas tercapai. dengan kondisi kedua perangkat EOC 2610 pada Transmit Power hanya 15dBm(sekitar 31mw) dan data rate 24Mbps. Jadi hanya dengan daya kecil 31 mw pada Senao EOC 2610 yang TX Powernya bisa capai max 600mw bisa dilakukan koneksi mulus dalam rentang super channel, kesimpulan sementaranya, Pertama, Senao EOC 2160 bisa mencapai kinerja maximal apabila menggunakan antena external/tambahan, Kedua, Fitur Super Channel pada EOC 2610 cukup diandalkan dan stabil. Beberapa hari kemudian kami mengadakan test sekali lagi di tengah kota Sidoarjo, jarak jangkau hanya 1 Km, kami pinjam 2 tower milik seorang teman, hasilnya sama pada jangkauan ini, Engenius EOC 2610 harus menggunakan Antena External, EOC 2610 memang harus disandingkan dengan antena tambahan untuk menjadi "Digdaya", beda dengan Nano Station yang antena bawaannya cukup mampu menjadi "Pembicara" dan "Pendengar" yang baik, hanya sayangnya kelemahan terbesar Nano Station terletak pada After Sales Service-nya yang kurang baik, dimana proses Klaim Garansi bisa memakan waktu berminggu-minggu, bahkan tak jarang dalam hitungan bulan. So anda bisa dapatkan EOC 2610 Super Channel di www.netkom-wifi.com. Semoga tes kali ini bermanfaat.

11 komentar:

mizan said...

review nya bagus, saya suka
tulisan tulisan bagus seperti ini yang saya butuhkan

terima kasih pak.

Cak Mad said...

Terima kasih mas, semoga bermanfaat

Adam said...

Review yg bagus mas.. thenks atas infonya

CCTV Security System said...

itu klo jarak 3,5 km, sedangkan disitu disebutkan up to 30km, apakah sudah pernah coba dg jarak diatas 15km? bagaimana hasilnya?

ogenk said...

Cak mad mau tanya . Kalau buat server ketinggian 15 meter kira 2 bisa nempuh jarak berapa? terus polarisasi antenna yang bagus gimana ? saya menngunakan acces point eoc 3220 ext + antenna grig 2,4 GHz oem dengan setingan AP.Tolong kasih pencerahannya. thanks

Cak Mad said...

Halo Cak Ogenk,
kalo ketinggian itu relatif asal antara AP gak ada penghalang sj sudah ok kok, type polarisasi sama sj gak ada bedanya,sbaiknya kita pake polarisasi yg jarang digunakan orang disekitar kita.

Belajar said...

Hallo..
kira2 klo dipake koneksi 6-10km gmn?disitu tesnya kn cuma 3km..

terima kasih

syamsy said...

Saya pake ubnt , kalo ada msalah saya cepat banget ngurusnya, apalagi kalo masih belum satu bulan langsung di ganti waktu itu juga... :)

Cak Mad said...

Powernya EOC 2610 kan besar max 600mw teorinya bisa puluhan Km

Khaidir said...

Halo om, cara mengukur Signal Strength, Noise Level dan throughputnya pake apa ya?dan juga untuk mengetahui kinerjanya sudah maksimal atau belum itu caranya bagaimana?

Cak Mad said...

Halo Ponakan,

Utk ngukur Signal Strength, Noise Level => pake software Netstumbler,

Utk ngukur throughput pake soft bandwidth monitor