Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Tuesday, November 17, 2009

Testing Super Channel Senao EOC 2610


Pada Firmware versi 1.0.37 Senao Engenius EOC 2610 menyertakan fitur special "Super Channel", dimana bisa bermain di Frequency 2,3 GHz, namun anehnya firmware versi-versi selanjutnya fitur special ini tidak disertakan lagi, entah kenapa tidak dijelaskan resmi oleh pihak Engenius, bahkan di web resmi Engenius di www.engeniustech.com, firmware versi 1.0.37 yang memuat fitur super channel tersebut tidak disediakan lagi, jadi pengguna tidak bisa mendownloadnya lagi.
Didorong oleh rasa penasaran, kami ingin melakukan testing fasilitas istimewa super channel yang saat ini hanya dimiliki oleh Mikrotik dan DD-WRT Proprietary tersebut, kami coba dengan meminjam Tower milik seorang rekan di sekitar daerah Delta Sari, Sidoarjo dan tower satunya di Area sekitar Bandara Juanda, sengaja kami pilih daerah ini yang menurut beberapa rekan merupakan daerah paling "sibuk" dengan jaringan WIFI nya,sebelumnya seorang rekan menghubungkan dengan standart freq 2,4GHz namun gagal koneksi karena beratnya kadar interferensi daerah tersebut, karena itu kami tertantang melakukan test menggunakan koneksi point to point jarak sekitar 2,7 Km LoS, dimana kedua titik perangkat masing-masing menggunakan Senao EOC 2610 dan Antena Grid Finetic, tidak lupa kami test dengan mengaktifkan Fitur Super Channel, Alhasil kedua perangkat berhasil "Konek" dengan hasil yang memuaskan, hasil signal strength atau RSSI mencapai -46dBm s/d -48dBm dan ping time bahkan mencapai 1-2 ms, cukup mengejutkan bukan !
Dari hasil test berikut kami simpulkan Fitur Super Channel Senao EOC 2610 ternyata berjalan baik dan stabil, sebelumnya kami sempat ragu kenapa Engenius mencopot fasilitas istimewa ini, ada dugaan karena ada "Bug" pada fitur ini, namun dugaan tersebut tidak terbukti, jadi bisa jadi karena masalah Regulasi yang mengharuskan Engenius mencopotnya, meski ternyata hasil test menunjukkan hasil yang prima.
Pada awal mula kelahiran EOC 2610 ini banyak menimbulkan problema, dirundung masalah ketidak stabilan, namun seiring waktu Engenius selaku pabrikan melakukan perbaikan, diantaranya Quality Control yang lebih ketat dan perbaikan firmware dengan selalu rutin mengupdatenya secara berkala, hasilnya Senao EOC 2610 menjadi favorit, dan perangkat WIFI paling laris saat ini.
Tertarik testing Super Channel EOC 2610? Dapatkan di www.netkom-wifi.com

2 komentar:

Most Wanted said...

MAS SAYA MASIH BLM NANGKEP DEH.. JD SEBENERNYA SUPEER CHANNEL DI 1.0.3.7 MASIH BISA BERJALAN ATAO TIDAK.. ?? BLS mmASSEE.E... OKK.

Cak Mad said...

Jelas masih bisa Dik,
Running well hingga sekarang