Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Friday, January 2, 2009

Membuat Jaringan Wireless Ad-Hoc Tanpa Router di Windows XP



Jaringan wireless atau nirkabel sangat berguna karena memungkinkan Anda menggunakan komputer Anda dan melakukan koneksi ke internet di mana saja di rumah atau kantor anda. Namun, sebagian besar jaringan nirkabel menggunakan router nirkabel, yang harus dibeli secara terpisah. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, Anda dapat mengatur jaringan nirkabel tanpa perlu membeli wireless router dan menghemat uang anda sendiri.

Jaringan nirkabel konvensional, yakni router nirkabel misal Linksys WRT54GL DDWRT atau Edimax BR6204Wg berfungsi sebagai base stationt, seperti di banyak base station untuk cordless phones. Semua komunikasi nirkabel melalui router nirkabel, yang memungkinkan komputer terdekat untuk menyambung ke Internet atau ke satu sama lain.

Jaringan nirkabel ad hoc bekerja seperti walkie-talkie, karena komputer berkomunikasi langsung satu sama lainnya. Dengan mengaktifkan Internet Connection Sharing pada salah satu komputer, Anda dapat berbagi akses internet


Jaringan ad hoc adalah alternatif pintar untuk menggunakan router nirkabel, tetapi memiliki beberapa kelemahan:

* Jika komputer yang terhubung ke internet mati atau shut down, semua komputer yang merupakan bagian dari jaringan ad hoc kehilangan akses internet.
* Untuk menghubungkan ke Internet, satu komputer selalu memerlukan sambungan jaringan kabel.

Untuk menghubungkan komputer ke Internet menggunakan jaringan nirkabel ad hoc, ikuti langkah-langkah berikut (dijelaskan secara lebih rinci nanti dalam artikel ini):

1. Aktifkan Internet Connection Sharing pada komputer yang terhubung internet. Anda dapat melewatkan langkah ini jika anda tidak perlu mengakses Web.
2. Mengatur jaringan nirkabel ad hoc pada komputer yang terhubung internet.
3. Tambahkan komputer Anda yang lain ke jaringan nirkabel.

Cara mengaktifkan Internet Connection Sharing

Pada jaringan nirkabel dengan router, router memiliki tugas penting forwarding komunikasi dari komputer di jaringan ke Internet. Pada jaringan ad hoc, Anda harus menetapkan satu komputer untuk melayani peran ini. Komputer Anda harus memiliki koneksi kabel ke Internet, dan harus ditinggalkan di bila ingin dapat menggunakan komputer Anda yang lain.
Cara mengatur komputer pertama

Mengatur ad hoc jaringan nirkabel yang memungkinkan komputer untuk berbagi sebuah koneksi internet tanpa router

1. Jika perlu, pasang adapter jaringan nirkabel misal USB Wireless Tplink WN321 atau Tplink
WN322

2. Klik Mulai, kemudian klik Control Panel.
3. Pilih kategori di bawah, klik Network dan Internet Connections
4. Di bawah atau pilih icon Control Panel, klik Network Connections.
5. Klik-kanan koneksi jaringan nirkabel Anda, kemudian klik Properties.
6.Pada Wireless Network Connection Properties dialog box, klik tab Wireless Networks.
7. Pada tab Wireless Networks, di bawah jaringan yang dipilih, klik ADD.
8. Pada jaringan Wireless properti kotak dialog, pada tab Asosiasi, ketik nama jaringan wireless ad hoc di Jaringan nama (SSID) kotak (ditampilkan pada langkah 10). Misalnya, Anda dapat memberikan nama jaringan nirkabel Anda NETKOM.
9. Kosongkan Kunci disediakan untuk saya secara otomatis memeriksa dan memilih kotak ini adalah sebuah komputer-ke-komputer (ad hoc) network check box.
10. Buatlah password dengan 13-digit dalam kedua-kunci network. Untuk keamanan terbaik, gunakan kombinasi huruf, angka, dan tanda baca. Kemudian klik OK
11. Klik OK lagi untuk menyimpan perubahan

Cara mengatur tambahan komputer

Jika komputer Anda ingin menambahkan Anda ke jaringan tidak ada built-in dukungan jaringan nirkabel, pasang adapter jaringan nirkabelnya, misal PCI Wireless Adapter Tplink WN551G

Windows XP secara otomatis mendeteksi dan adapter baru akan memberitahu Anda bahwa ia menemukan jaringan nirkabel.

Sekarang komputer Anda terhubung ke jaringan nirkabel Anda

Catatan: Langkah-langkah ditas hanya berlaku jika Anda menggunakan Windows XP Service Pack 2 (SP2). Jika Anda belum terinstal SP2, kunjungi Microsoft Update untuk menginstalnya sebelum terhubung ke jaringan ad hoc.

1. Klik kanan ikon Jaringan Nirkabel di sudut kanan bawah layar Anda, kemudian klik View Available Wireless Networks.

Catatan:
Jika Anda menemui masalah, jangan takut untuk menanyakannya ke produsen merk adapter yang anda gunakan tersebut untuk membantu masalah anda.
2. Jendela The Wireless Network Connection akan muncul dan menampilkan jaringan nirkabel Anda terdaftar dengan SSID yang anda pilih. Jika Anda tidak melihat jaringan anda, klik Refresh Jaringan Daftar di sudut kiri atas. Klik jaringan Anda, kemudian klik Connect di sudut kanan bawah.
3. Windows XP akan meminta anda untuk memasukkan kunci password, kemudian klik Connect.

Windows XP akan menunjukkan signal strength yang terhubung ke jaringan anda. Setelah Anda terhubung, Anda dapat menutup jendela Wireless Network Connection.

Ulangi tiga langkah diatas pada setiap komputer yang akan terhubung ke jaringan nirkabel ad hoc.

Sekarang anda sudah siap untuk menelusuri dunia maya dan browsing ke www.netkom-wifi.com, dari komputer Anda ke jaringan rumah Anda. Rekomendasi jika anda menggunakan Router Nirkabel pastikan Linksys WRT54GL DD-WRT menjadi pilihan favorit anda karena dari kelengkapan fiturnya tidak terkalah oleh yang lainnya.

13 komentar:

glendy said...

helpme....
saya mempunyai 2 radio edimax EW 7206apg.dengan radio ini saya inin membangun 1 jaringan,dimana jaringan tersebut hanya ingin saya buat untuk share internet.
jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya adalah +- 4 km
tolong saya diajarkan cara mensetting radio tersebut.
mohon maaf jika pertanyaan saya njlimet

Cak Mad said...

Sebaiknya anda pake koneksi point to point, yskni Edimax+Antena Grid pada masing2 tempat, good luck!

Handy said...

Saya mempunyai koneksi internet dgn kabel yang saya hubungkan ke switch. Dari switch tersebut, saya pecah menjadi 2. 1 menuju ke PC, 1 lagi menuju ke laptop.

Nah, saya ingin menjadikan laptop saya sebagai hotspot dgn ad-hoc, sehingga saya bisa mengakses internet dari HP saya dgn koneksi wi-fi laptop. (HP saya juga mendukung koneksi wi-fi)

Bagaimana caranya ya? Trims

Cak Mad said...

Anda harus menjadikan PC anda sbg Router, dimana pada Sistem Operasi Windows, anda harus mengaktifkan Internet Connection Sharing pada interface dimana sumber dari internet itu berasal misal interface USB

zya said...

cak mad,.,. sorry sy blum terlalu mengerti dengan penjelsannya ttg "ad hoc" ,. disinikan jaringan komputer terhubung tanpa menggunakan router. jd bgamn kt bisa mengakses wireless tersebut? knp wirelessnya bs berfungsi tanpa menggunakan router. biasanya kan unutk mengakses wireless kita perlu ip router nya. kalo dgn ad hoc bgmn?,.,. maaf belepotan saya baru bljar

Cak Mad said...

Adhoc, itu artinya kita gak perlu access point atau wireless router lagi untuk saling terhubung,jadi antar notebook saling terkoneksi dgn menggunakan koneksi Adhoc

Yesrahmatulah Asmardi Rauf said...

saya lg mau jalankan bisnis wifi... tp saya gak tau dengan siapa untuk mencetak sticker timah penutup id dan password dari voucer.. kawan" ada yang tau gak sama siapa pesannya.. tolong info dari teman", klo ada yang tau dapat hub saya di 081211662283 (nama saya Yes)

vixion said...

saya memiliki EDIMAX BR 6204 Wg..., saya berencana mengkoneksikan ke internet speedi ( modem TP link TD 8817) dan Dlink DES-1008D. saya ingin mengkoneksikan EDIMAX tersebut ke beberapa laptop dengan OS Win 7 dan XP. server yang dipakai Desktop dengan menggunakan win XP.., mohon pencerahannya, terima kasih

warnetneucom said...

ini bisa dibagi ke lebih dari satu komputer, maksudnya misalnya saya punya lebih satu komputer yang bisa wifi, itu semuanya bisa konek ke jaringan internet ?

rian said...

Saya mempunyai koneksi fixline internet di rumah, output dari modem scientifix atlanta EPC2100R2 saya sambungkan ke Belkin wireless G router FSD7032-4 sehingga saya memiliki hotspot internet untuk hp & netbook, lalu PC desktop saya hubungkan ke router belkin menggunakan LAN card & kabel RJ04, yang saya tanyakan bagaimana setting supaya netbook yg terhubung ke router secara wireless bisa memgakses data yg ada dlm pc yang pc nya terhubung ke router melalui kabel LAN? Saya membutuhkan tutorial step by step dari rekan admin / yg lain2 yg lbh pengalaman. Terima kasih sebelumnya. Mohon kiranya jawaban tsb di cc juga ke: rian.jungkis@gmail.com

Anonymous said...

Cak, saya pakai wireless USB TP Link 321G, saya pakai di PC, saya ingin coba menggunakan Adhoc dengan PC sebagai server.
tapi di Wireless Network connection properties tidak ada tab Wireless Network. cuma ada General dan Advance. Bagaimana Cak, gak bisa setting adhoc jadinya

elinnaagung said...

kalo konfigurasi linux server tapi gak ada lan cardnya bisa pake adhoc gak ?
ada sf atau alternatif tertentu gak biar bisa aktif / kedetek eth1 tanpa lan card ?

Cak Mad said...

Untuk adhoc di Linux, gak pernah coba, mungkin ada rekan lain yg bisa,silahkan di-share