Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Saturday, November 1, 2008

Ber WIFI ria dengan Nokia E51



Sudah lama kami berkeinginan untuk mencoba ber- WIFI dengan perangkat seluler, pada waktunya kami berkesempatan meminjam Smartphone Nokia E51 yang punya fasilitas Wifi atau Wlan, saatnya nih untuk ngetest. Pada awalnya kami coba untuk berinternet dengan berselancar browsing ke berbagai situs web dengan mudah dan lancar, meski kondisi akses poin (Edimax BR6204Wg dan Omni Finetic 15dBi) yang kami akses di luar bangunan, namun didalam gedung kami bisa mendapatkan SSID nya dengan mudah, kekuatan sinyal yang didapat bisa mencapai 60%, surfing ke berbagai situs juga cukup cepat, hanya memakan waktu beberapa detik saja.
Kemudian kami coba untuk kondisi outdoor dengan jarak cukup jauh, pada jarak 153 meter (hasil pengukuran GPS) dari Hotspot, SSID "NETKOM" masih terlihat jelas dari GSM Nokia E51 ini dengan kekuatan sinyal antara 37% s/d 40%, cukup kuat juga, kami coba browsing ke berbagai web, lancar, hanya memakan waktu beberapa detik, bisa diakses segera. Namun sayangnya kita gak bisa melakukan setting IP Address secara manual, jadinya kita hanya bergantung pada DHCP Server dalam pengalamatan TCP/IP nya. Tapi saya rasa fasilitas seperti itu gak perlu ada kan ini hanya ponsel, bukan PDA. Kesimpulannya Ponsel ini memiliki kemampuan Wifi yang cukup bagus gak kalah dengan Wifi adapternya Notebook, dia punya high receiver sensivity yang cukup bagus, cocok untuk dimiliki businessman yang sering mendatangi Hotspot publik, disamping fitur Wifinya tersebut, juga ponsel ini tergolong Smartphone, kita bisa membaca dan mengedit file-file dokumen (support file dengan extension doc, rtf, xls, ppt), membaca file pdf, sekaligus berchatting ria dengan Yahoo Messenger, adapun spesifikasi rincinya sebagai berikut :

Network system HSDPA / GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Size 114.8 x 46 x 12 mm, 61 cc
Weight 100 g

Display
- TFT, 16M colors
- 240 x 320 pixels, 2 inches
- Five-way scroll key
- Downloadable themes

Battery type Standard battery, Li-Ion 1070 mAh ( BP-6MT)
Stand-by Up to 310 h
Talk time Up to 4 h 20 min
Ringtones Polyphonic (64 channels), MP3
Option
Number in phone Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records Detailed, max 30 days

Memory
- microSD (TransFlash), hotswap, buy memory
- 130 MB user data memory

GPRS Class 32
Messaging SMS, MMS, Email, Instant Messaging
Infrared port Yes
Games Yes + downloadable

Features
- Camera 2 MP, 1600x1200 pixels, video
- Bluetoorh v2.0 with A2DP
- 3G HSDPA, 3.6 Mbps
- EDGE Class 32
- WLAN Wi-Fi 802.11g, VoIP over WLAN
- OS Symbian OS 9.2, Series 60 v3.1 UI
- Browser WAP 2.0/xHTML, HTML

Push to talk
- Java MIDP 2.0
- MP3/AAC/video player
- FM radio
- Document viewer
- T9
- Voice command/memo
- PIM including calendar, to-do list
- Integrated handsfree

4 komentar:

Eko P at Padang said...

maaf mas wilis,ini sekedar tambahan setau saya nokia e-51 punya saya bisa disetting ip dan dns nya secara manual. Caranya: masuk ke menu tool>setting>connection>access points>>pilih-ap-nya> options>advanced settings>masukkan data sesuai kebutuhan... selamat mencoba...

Wilis said...

Iya benar sekali mas, memang betul ternyata kita bisa memasukkan setting TCP/IP secara manual, terima kasih banyak atas masukan dan koreksinya.

TOPI HITAM said...

Saya punya Nokia N70 nih bisa gak tuh di pakai untuk internet via IM2 gtu ,maaf agak melenceng dari topiknya tapi pumpungg sama2 hanphone thanks :))

Wilis said...

Jelas Nokia N70 udah support dgn IM2, apalagi dia ada fitur 3G dan Web Browsernya