Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Tuesday, March 3, 2015

Review Yaesu FT 80C dan Perbandingannya Dengan Icom IC 718

Review Yaesu F80C dan Perbandingannya Dengan Icom IC 718


Tertarik dengan kemasyhuran Yaesu FT 80C, ketika ada penawaran dengan kondisi y,ang masih mulus, maka kamipun memberanikan diri untuk membelinya, memang setelah kami lihat dan tes, kondisi masih bagus sekali, masih segar bugar, meski harga kami peroleh cukup mahal dari harga pasaran, berhubung kondisinya sepadan, ya akhirnya kami tebus juga, jadi di statiun kami sudah bertengger 2 buah radio HF, yakni Icom IC 718 dan Yaesu FT 80C ini. Ketika kami mencoba pertama kali untuk ber-QSO, audio yang dikeluarkan spekaer depannya lebih "Ulem", atau empuk, noise yang dihasilkan juga sangat minim, masih bisa ditoleransi untuk sekelas radio HF, sementara IC 718 cukup berisik, meski ada pengaturan tertentu supaya noise yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu. Hasil report QSO dengan beberapa teman, modulasi yang dihasilkan juga sepada antara bass dan treble, sementara Icom 718 cenderung treble, meski IC 718 modulasi audionya lebih nyaring terdengar, dimana untuk kondisi propagasi yang berat, modulasi seperti ini amat dibutuhkan.
Fitur yang ada pada radio sejuta umat FT80C ini juga tergolong sangat standart, seperti kenob AF/SQL, MIC/DRIVE, NB (Noise Blanker), Mode, NAR (Narrow Button), dan ATT Button. Meski tergolong fiturnya lebih minim dibanding IC 718, namun kalau anda menghendaki kenyamanan dalam menjalankan aktivitas hobby QSO, fitur standart ini sudah lebih dari cukup, namun bagi mereka yang komunikasi sangat intens, seperti untuk aktivitas bisnis, kami rasa Icom IC 718 lebih cocok untuk itu.Jadi pemilihan jenis dan merk radio juga tergantung dari kebutuhan anda, meski kadang-kadang ada beberapa orang menggantungkan pada selera dan brand minded. Ulasan kedua produk diatas berlaku untuk segmen radio level bawah atau low level entry, tapi bagi anda yang punya dana lebih, diatas Rp 10.000.000 juta, maka kedua radio tersebut tidak berlaku bagi anda, apalagi dengan budget puluhan juta rupiah, anda sudah mendapatkan radio HF yang full fitur, seperti DSP, High Power, Antena Tuner, dual band, ataupun triple band dan lain sebagainya.
Kedua radio diatas memiliki kapasitas power yang sama, yakni 100Watt, jadi untuk jangkauan relatif sama, hanya yang membedakan adalah propagasi dan tipe dan jenis antena. Hanya pada IC 718 terdapat pengaturan RF Power pada tombol menu, sedang pada FT 80C tidak ada pengaturannya, jadi RF Power tergantung keras atau tidaknya suara yang keluar dari kerongkongan kita.Namun FT80C ada trik tersendiri untuk bisa menaikkan TX Power hingga 150Watt, anda harus membuka covernya, dan melakukan pe-ngetriman pada beberapa coil dan VRnya.

0 komentar: