Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Tuesday, July 20, 2010

Mengenal TP-LINK TL-WA5210G Yang Serupa dengan Nano Station2


Pabrikan dari Negeri Tirai Bambu TP-Link telah merilis produk terbaru mereka ke pasaran Indonesia, yakni Wireless Outdoor Access Point TL-WA5210G. Sekilas bentuknya mirip dengan Nano Station2 dari Ubiquity, ada upaya memang dari TPLink untuk merebut konsumen yang coba berpaling dari Nano Station dengan berupaya menerapkan harga jual yang jauh lebih murah, tapi dengan fitur dan fungsi yang hampir serupa.
Kalau kita amati lebih mendalam memang ada perbedaan dari keduanya, antara lain TPLink TL WA5210G memiliki antena internal bawaan yang lebih gede, yakni 12 dBi, sedang NS2 atau Nano Station 2 hanya 10dBi, kelebihan lainnya dari produk Cina ini adalah telah dilengkapi dengan grounding, ibarat kata diupayakan lebih "aman" dibanding pesaingnya, dari sisi fitur atau fungsi TL-WA 5210G memiliki mode Universal Repeater, dimana mode ini absen pada NS2.
Sayangnya kedua fitur andalan dari NS2 yakni
Channel Spectrum Width dan Channel Shifting tidak ditemukan pada WA 5210G ini, kedua fitur tersebut merupakan andalan dari Produk Ubiquity.
Kesamaan lain disamping bentuknya yang sama, pada keduanya dilengkapi dengan lampu indikator Signal Strength dan Adaptor yang sama 12Volt. Kelebihan dari WA5210G ini selain harganya yang lebih murah, ketika kami tes, ternyata memiliki kepekaan atau daya sensitif yang lebih baik ketimbang Nano Station2, bisa jadi karena dia mempunyai antena bawaan yang lebih gede, meski kedua radio outdoor ini memiliki TX Power yang sama 400mw.
Demikian ulasan singkat ini semoga bermanfaat, anda bisa mendapatkan TL WA5210G ini di www.netkom-wifi.com.
Good Luck TP-Link !

8 komentar:

Darmawan Syahbuana said...

thanks mantap, singkat pada dan jelas...!!

Anonymous said...

gak ada ya .. yg review tp-link5210g sama external antena?
semua cuma memuji internal antenna bawaannya

keknya nih 5210g ngasih fitur external antenna cuma tipuan doang
5210g+internal antennanya mmg bagus
di set external antena sama grid atau omni malah bego

Anonymous said...

It agree, it is a remarkable phrase

Anonymous said...

Saya udah tes WA5210G 600Mw ini pake antena external ok aja

Anonymous said...

antena external 5210 cacat pabrik.

Anonymous said...

saya pnya 6 AP TP-Link 5210G,pertanyaannya klo 1 jadi ap, yg lain jd repeater, untuk gedung dgn 3 lantai,1 lantai bisa5-6 ruangan,apaka1 ap1 jd ap, yg sisanya jadi repeater ato bkn point to multipoint? kira2 setting yang optimalnya gimana? thx

riev said...

saya pake TP-LINK TL-MR3420 trus mau pake repeater TP-LINK TL-WA5210G, cara settingnya bgmana ya? oya... di TL-WA5210G ada buat antena exsternalnya, tp saya coba.... kok gk bisa....
minta pencerahannya gan...
-makasih-

yahoo.com said...

saya juga pake 5210g externalnya eror
ada punya solusi?