Terima kasih telah berkunjung, Blog ini tercipta atas kerjasama kami dengan http://netkom-wifi.com
selaku distributor perangkat wireless terkemuka di tanah air.
Semoga dengan adanya tulisan-tulisan di blog ini bisa membantu anda dalam memahami dunia wireless.


Regards,


Cak Mad


NB :
Pingin sih buat Blog khusus tentang Korupsi, mengingat negara kita gak bisa Maju, faktor utamanya adalah Korupsi, karena Korupsi membuat hanya Pejabat saja yang Makmur, rakyat tetap terkubur, Korupsi membuat mental pelayanan publik menjadi memble, karena Birokrat kita hanya main gaple (sambil nunggu ceperan).












Tuesday, January 12, 2010

Mengenal Routerboard RB750 Mikrotik


Dengan kehadiran Routerboard RB750, Mikrotik semakin mengukuhkan dirinya sebagai manufaktur Router kelas Low End, apalagi ambisi Mikrotik untuk "routing the wordl" senantiasa terus menggelontor produk-produk barunya ke pasaran internasional. Routerboard RB 750 ini memang dikhususkan untuk kelas entry level, untuk penggunaan di rumah atau kantor kecil (SOHO), harganya juga cukup murah, hanya separoh dari harga RB450, namun dengan spesifikasi yang hampir sama dengan RB450, antara lain CPU sama 300MHz, RAM sama 32MB(hanya bedanya RB450 RAM sudah level DDR sedang RB750 masih SDRAM) , Data Storage sama 64MB, Lisence OS Mikrotik sama level 4, jumlah port ethernet sama 5 port, namun RB750 punya keunikan port ethernet bisa difungsikan menjadi mode switch. Yang membedakan lagi RB750 dibekali dengan tombol Reset, jadi lebih simple jika kita ingin me-reset nya sewaktu-waktu, tapi sayangnya RB750 tidak dibekali dengan port serial sebagaimana saudaranya RB 450. Meski harganya cukup murah namun Routerboard ini sudah dibekali dengan Casing dan Adaptor 12Volt. Bagi anda yang suka bepergian RB750 ini cocok sebagai perangkat Router portable, bentuknya yang kecil dan enteng, sangat nyaman dijinjing.
Berbeda dengan Routerboard versi sebelumnya, dimana pada ethernet port 1 atau biasa disebut ether1 secara default tidak bisa diakses dengan Winbox, mungkin dengan alasan security, Mikrotik sengaja men-"Disable" ether1 ini, tapi bagi anda yang ingin agar ether1 ini bisa diakses oleh Winbox, berikut caranya :
Pertama, anda harus masuk dari selain ether1 misal ether2, lalu login dengan Winbox (dari ether2), buka IP ->Neighbour List ->Discovery Interface, di set jadi Enable.

Berikutnya masuk Tools -> Mac Server ->Winbox Interface tools, lalu tinggal di tambahkan, di add ->Pilih Ether 1 gateway. Demikian semoga berhasil.


1 komentar:

Saputra said...

Assalamualaikum.wr.wb..
Mas, saya sangat ingin belajar Mikrotik khususnya tentang RouterBoard 750/750G.. Saya dapat tutorialnya mas di youtube. Sayang videonya agak buram mas, saya kurang bisa membaca nomor2 IP dan lain sebagainya. Sekiranya mas mau berbesar hati, mohon di upload lagi dong mas videonya dengan resolusi sedikit "besar" supaya nggak burem.. Sebelumnya, terima kasih mas :)